Belajar Logika Menyenangkan

Fallacy Detective CoverDi bawah ini adalah kutipan dari buku Detektif Sesat Pikir, yang merupakan terjemahan buku The Fallacy Detective. Kutipan ini merupakan bagian pembelajaran tentang penalaran analogi dan mengindikasikan bahwa belajar logika menyenangkan.

“Hak hukum dari nyamuk! Studi terbaru menunjukkan bahwa nyamuk memiliki susunan genetis yang sama dengan pengacara. Ya, studi yang dilakukan oleh Perserikatan Riset Perilaku Pengacara Amerika mendapati bahwa ada kemiripan antara nyamuk dan pengacara. Ya, mungkin anda sudah bisa menebak apa kemiripannya. Tampaknya nyamuk memiliki kecenderungan menghisap darah manusia, yaitu kemampuan yang hanya ditemukan pada lintah dan pengacara. Nyamuk juga dikenal membawa virus dan bakteri masuk ke dalam tubuh inang sehingga menyumbang kepada berkembangnya penyakit. Sifat seperti ini juga sudah lama diketahui dimiliki pengacara dan terus berkembang dan akhirnya melemahkan masyarakat. ‘Kami percaya bahwa nyamuk adalah nenek moyang terdekat dari pengacara moderen… dan perbedaan di antaranya sangat sedikit,’ kata Henry Johnson, Wakil Presiden Perserikatan Riset Perilaku Pengacara Amerika. ‘Karena pengacara diberi hak untuk praktek hukum, kami pikir nyamuk juga tidak boleh dilarang untuk ikut ujian pengacara.’ ‘Walaupun nyamuk  memiliki susunan genetis 75% sama dengan pengacara,’ katanya ‘alasan kami memasukkannya ke dalam umur geologis lebih awal adalah karena nyamuk tidak semaju pengacara. Nyamuk tidak mampu mengambil darah dari lobak.’ ‘Saat ini kami sedang mencari rantai yang hilang antara nyamuk dan pengacara.’”

Informasi tentang versi Bahasa Indonesia dari buku ini dapat diperoleh di sini dan cara membeli buku ini dapat dibaca di sini

Pos ini dipublikasikan di Kutipan Buku, Pembelajara Analogi dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Komentar anda, berisi nama dan tempat tinggal anda. Misalnya: Joni (Kupang)