Daftar Ringkas Sesat Pikir Menghindari Pertanyaan

Di bawah ini adalah kutipan bagian akhir dari buku Detektif Sesat Pikir yang meringkas Sesat Pikir Menghindari Pertanyaan.

Menghindari Pertanyaan

Red Herring/Ikan Haring Merah – Adalah sesat pikir dimana orang berbicara tentang sesuatu yang tidak ada kaitannya sama sekali dengan hal yang sementara dibicarakan. Mungkin dia berpikir (atau dia ingin kita berpikir) bahwa dengan melakukan itu akan membuktikan kebenaran pandangannya walaupun sebenarnya tidak demikian.

Contoh 

Adik Kecil: Beruang Grizzly tidak mungkin berbahaya – mereka kelihatan manis.

 

Perlakuan Khusus – Menggunakan standar ganda atau berargumen mendukung pengecualian yang tak terjustifikasi.

Contoh

Nenek: Aku tidak berjudi! Ini Bingo; bukan poker. Beda; kita tidak menggunakan setumpuk kartu.

 

Ad Hominem/Serangan terhadap pribadi – Adalah sesat pikir dimana orang menyerang karakter lawan atau motifnya mempercayai sesuatu, bukan membantah argumen lawannya.

Contoh

Debi: Pamanku mengatakan bahwa semua pembunuh harus dihukum mati karena dengan begitu tidak ada lagi orang yang mau membunuh. Selvi: Bukankah pamanmu dulu masuk penjara? Saya pikir kita tidak dapat mempercayai pandangan orang yang dulunya penjahat.

 

Genetic Fallacy/Sesat Pikir Genetis – Adalah sesat pikir dimana orang mempersalahkan sebuah argumen karena asal mulanya (dimana, bagaimana, dan siapa yang memulainya).

Contoh

Ma Kuru: Ma Mone, kenapa kamu selalu memakai selempang bukan ikat pinggang? Ma Mone: Karena ikat pinggang dikembangkan oleh pihak militer berabad-abad lampau dan digunakan oleh para tentara. Karena militer jahat dan ikat pinggang berasal dari militer, maka aku tidak dapat mengenakan ikat pinggang.

 

Tu Quoque (Anda juga) – Adalah sesat pikir dimana orang menganggap sudut pandang anda terhadap satu isu salah hanya karena anda tidak konsisten dengan apa yang anda katakan.

Contoh

Ma Lobo: Kalau aku jadi kamu, aku tidak akan merokok. Merokok adalah kebiasaan buruk dan akan mengakibatkan berbagai masalah. Ivan: Jangan katakan padaku untuk tidak merokok. Kamu juga merokok koq.

 

Merujuk pada otoritas yang salah – Adalah sesat pikir dimana orang merujuk kepada otoritas seorang yang tidak memiliki keahlian spesial dalam bidang yang sementara didiskusikan.

Contoh

Ibu: Montir mobilku mengatakan bahwa cara terbaik untuk memperbaiki komputer adalah menendangnya dengan tendangan yang tepat dan jitu.

 

Merujuk pada banyak orang – Adalah sesat pikir dimana orang mengklaim bahwa sudut pandangnya tepat hanya karena ada banyak orang yang setuju dengan dia.

Contoh

Calon Legislatif:Lawan saya berkata bahwa aborsi adalah pembunuhan – walaupun sebenarnya berdasarkan jajak pendapat terakhir, 76% orang Indonesia percaya bahwa aborsi bukan pembunuhan terhadap anak yang tidak bersalah.

 

Straw Man/Orang-orangan Sawah – Adalah sesat pikir dimana orang merubah atau melebih-lebihkan pandangan lawan sehingga mudah dibantah.

Contoh

Istri: Mobil kita tidak bagus lagi. Ku pikir kita perlu membeli mobil yang lebih baik – yaitu mobil yang lebih menyenangkan.
Suami: Oh, jadi kamu mau membeli mobil mewah yang baru? Ku pikir kita tidak punya cukup uang untuk membeli mobil Rolls Royce.

____________________________________________________________

  1. Informasi lebih lanjut tentang buku ini dapat diperoleh dengan mengklik tautan ini.
  2. Sampel buku ini dapat diunduh lewat tautan ini atau dilihat menggunakan akun Gmail pada tautan ini.
  3. Cara memperoleh buku ini dapat dilihat pada tautan ini.
  4. Kutipan lain dari buku ini dapat dilihat dengan mengklik tautan ini.
Iklan
Pos ini dipublikasikan di Kutipan Buku dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Komentar anda, berisi nama dan tempat tinggal anda. Misalnya: Joni (Kupang)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s