Contoh Soal dan Jawaban Detektif Sesat Pikir

Di bawah ini adalah Contoh Soal dan Jawaban yang diambil dari Pelajarn 27, buku Detektif Sesat Pikir

Latihan

A. Kekeliruan penalaran apa, kalau ada, yang dilakukan dalam contoh berikut?

1. Debi: Kamu sadar tidak kalau menyeberang jalan tanpa memberhatikan rambu lalu-lintas itu melanggar aturan? Adi: Emangnya kamu tidak pernah menyeberang jalan tanpa memperhatikan rambu lalu lintas selama hidupmu? 

2. “Aku dengar Calon anggota DPR bernama Ma Lobo berkata bahwa dia bukan seorang Demokrat, kalau begitu dia pasti mencalonkan diri dari Partai Golkar.” 

3. Pemuda: Aku berubah pikiran. Aku memutuskan untuk tidak menikahimu. Gadis: Tetapi sudah sepanjang siang ini kita merencanakan pernikahan kita. Pemuda: Ya, aku tahu. Tetapi aku dengar bahwa sebagian besar bunuh diri terjadi pada bulan Juni. Kita semua tahu bahwa sebagian besar pernihakan dilakukan di bulan Juni. Pasti pernikahan mendorong orang bunuh diri. Aku tidak mau kena depresi dan bunuh diri. 

4. Pemuda: Mungkin aku akan menikahimu. Gadis: Apa? Kenapa kau berubah pikiran lagi? Pemuda: Aku dengar dari sumber lain bahwa orang yang menikah akan hidup lebih lama dibanding dengan mereka yang tidak menikah. Aku tidak ingin mati muda. Gadis: Sudah! Lupakan saja semuanya. Aku tidak akan menikahi pria yang tidak berpendirian sepertimu. Kau hanya mementingkan dirimu sendiri.

5. “Studi menunjukkan bahwa orang yang melakukan gerak badan beberapa kali seminggu memiliki kemungkinan yang lebih kecil untuk terserang penyakit jantung. Anda harus melakukan gerak badan. Tentu saja melakukan gerak badan tidak ada salahnya, bahkan mungkin malah akan bermanfaat.”

6. Debi: Aku akan menjadi vegetarian. Hal itu akan membuatku lebih sehat. Dhan: Mengapa? Bagaimana kamu tahu bahwa hal itu akan membuatmu lebih sehat? Debi: Karena aku membaca di sebuah tulisan bahwa vegetarian lebih sehat dari rata-rata orang Amerika.

7. Laporan Pemerintah: Tingkat penghasilan rendah tampaknya merupakan faktor penyumbang terbesar terhadap fakta bahwa walaupun suami dan isteri dari satu keluarga bekerja penuh waktu, keluarga tersebut masih berada di bawah garis kemiskinan.

8. “Beberapa tahun yang lalu, mereka menaikkan batas kecepatan menjadi 75 mil per jam, sekarang angka kecelakaan lalu lintas lebih tinggi. Menurutku tingginya batas kecepatan menyebabkan lebih banyak kecelakaan. Kalau orang berkendaraan dengan kecepatan tinggi, maka mereka tidak dapat mengendalikan kendaraan dengan baik, sehingga terjadi lebih banyak kecelakaan.”

9. “Babe Ruth, pemain bisbol terkenal, selalu menggunakan Louisville Sluggers saat dia menjadi pemukul bola dalam permainan bisbol. Katanya merek itu adalah merek terbaik. Semua anggota tim New York Yankees menggunakannya. Menurutku aku akan membelinya.”

10. “Ayam jantan kita berkokok setiap pagi. Setelah itu matahari terbit. Sekarang sadarkah kamu betapa pentingnya ayam jantan kita?”

11. “Aku telah berdebat tiga kali dengan pendetaku dalam satu bulan terakhir. Setiap kali berdebat, dia marah dan urat di dahinya tampak jelas. Jadi, setiap kali orang berdebat dengan dia, dia akan marah dan urat di dahinya akan muncul.”

12. Anak: Siapa yang menciptakan Allah?

13. Ayah: Apa itu? Kamu punya tato? Anak: Ah ayah, ini hanya tato penyu. Ayah: Tidakkah kau tahu bahwa semua yang di penjara punya tato. Aku tidak ingin kamu berakhir di penjara, nak. 

14. “Tidur terlalu lama tidak baik untuk kesehatan. Peneliti menemukan bahwa mereka yang tidur malam lebih dari tujuh jam sehari memiliki angka kematian yang lebih tinggi. Studi yang dilakukan selama enam tahun itu menganalisa pola tidur dari kira-kira satu juta orang dewasa yang berumur tiga puluh tahun ke atas. Para peneliti ini menemukan bahwa mereka yang tidur malam selama delapan jam memiliki kemungkinan meninggal sekitar 12 persen lebih tinggi. Mereka yang tidur selama lima jam semalam hidup lebih lama daripada mereka yang tidur selama delapan jam semalam.” 

15. “Bu, mengapa ibu menghukum aku? Aku anakmu. Bukankah hubungan darah lebih penting dari segala sesuatu?”

Jawaban Latihan Pelajaran 27: Post Hoc Ergo Propter Hoc dalam Statistik

1. Tu quoque.

2. Sesat pikir Ya atau Tidak. Dia bisa saja mencalonkan diri sebagai independen atau dari PDIP atau partai lain.

3. Post hoc ergo propter hoc.

4. Post hoc ergo propter hoc.

5. Tidak ada. Tidak mengatakan apa yang menyebabkan apa.

6. Post hoc ergo propter hoc.

7. Penalaran melingkar.

8. Tidak ada. Ini bukan post hoc ergo propter hoc karena ada alasan lain yang dikemukakan bagi meningkatnya angka kecelakaan.

9. Tidak ada. Ini adalah merujuk kepada otoritas yang benar.

10. Post hoc ergo propter hoc.

11. Generalisasi terburu-buru. Pendeta mungkin hanya marah dengan cara anda berargumen.

12. Pertanyaan bermuatan.

13. Post hoc ergo propter hoc.

14. Post hoc ergo propter hoc.

15. Standar ganda/Perlakuan khusus.

Pos ini dipublikasikan di Contoh Soal, Kutipan Buku. Tandai permalink.

Tinggalkan Komentar anda, berisi nama dan tempat tinggal anda. Misalnya: Joni (Kupang)

