Sesat Pikir Genetis

Di bawah ini adalah kutipan dari buku Detektif Sesat Pikir:

Sesat pikir genetis adalah bentuk lain penyerangan terhadap pribadi. Sesat pikir ini disebut “genetis” karena membahas tentang asal muasal sesuatu. Sesat pikir genetis berbeda dari ad hominem karena Sesat pikir genetis tidak menyerang pribadi orang yang mengemukakan argumen tetapi menyerang asal mula dari argumen tersebut.

00014

Ewww! Jijik! Tahukah kamu kalau sendal jepit pertama kali dibuat kaum hippy?

 

Sesat Pikir Genetis adalah adalah menyalahkan sebuah argumen karena asalnya, bagaimana argumen dimulai, dan siapa yang memulainya.

Nona: Ku pikir hukuman mati tidak benar. Kita tidak boleh membunuh orang sama sekali.

Rony: Ah. Satu-satunya alasan mengapa engkau tidak setuju dengan hukuman mati adalah karena waktu kecil engkau dilecehkan dan kau belum bisa melupakannya.

Sulit sekali berargumentasi dengan seseorang pada saat dia melakukan kekeliruan ini. Apapun yang anda katakan, lawan bicara anda akan terus mengklaim bahwa anda mengatakan yang anda katakan itu hanya karena kesulitan yang anda alami di masa lalu sehingga orang lain dapat begitu saja mengabaikan hal yang anda katakan.

Tampaknya orang berpendapat bahwa kalau satu gagasan berasal dari Revolusi Rusia atau diajukan oleh orang kafir maka gagasan tersebut pasti buruk. Gagasan tersebut mungkin saja buruk, tetapi gagasan tersebut buruk tidak selalu karena akibat sumbernya yang buruk. Jika sebuah argumen dikemukakan oleh orang yang berperilaku buruk atau berasal dari kejadian historis yang buruk, hal itu tidak berarti bahwa argumen yang dikemukakan pasti buruk.

“[Kita perlu mempertanyakan apakah orang yang memenangkan electoral college vote namun tidak dipilih dalam populer vote pantas menjadi presiden karena] electroral vote dikembangkan agar negara bagian di Selatan bisa menghitung budak sebagai 3/5 manusia dan memastikan dominasi Negara-negara bagian tersebut dalam pemilihan nasional di dekade awal Amerika.” – Jesse Jackson

Electoral college (yaitu system yang ditetapkan Undang-Undang Dasar untuk pemilihan presiden Amerika) saat itu mungkin memang diciptakan oleh orang-orang yang memiliki motif yang salah, tetapi itu tidak berarti bahwa saat ini electoral college masih salah. Ada banyak faktor yang telah berubah saat ini.

Ma Kuru: Ma Mone, mengapa kamu selalu memakai selempang untuk mengeratkan celanamu dan tidak pernah menggunakan ikat pinggang?

Ma Mone: Karena ikat pinggang dikembangkan oleh militer berabad-abad lampau dan digunakan oleh para tentara. Karena militer itu jahat, dan ikat pinggang berasal dari militer, maka aku tidak mau mengenakan ikat pinggang.

 

Kalaupun ikat pinggang berasal dari militer (yang menurut Ma Mone jahat), itu tidak berarti bahwa Ma Mone menjadi militer dan terlibat dalam kejahatan mereka saat dia mengenakan ikat pinggang. Dia bisa mengenakan ikat pinggang dengan alasan yang baik misalnya untuk menahan celana sehingga tidak melorot.

Informasi lebih lanjut tentang buku ini dapat dibaca dengan mengklik tautan ini.

Cara mendapatkan buku ini dapat dilihat pada tautan ini

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Kutipan Buku, Sesat Pikir Genetis. Tandai permalink.

Tinggalkan Komentar anda, berisi nama dan tempat tinggal anda. Misalnya: Joni (Kupang)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s