Informasi Penggunaan Buku Detektif Sesat Pikir

Bagaimana Menggunakan Buku Ini

Siapa yang menggunakan buku ini?

Fallacy Detective CoverBuku ini ditujukan untuk digunakan bersama oleh anak dan orang tua. Kegiatan berpikir dilakukan oleh setiap orang dan jika anak belajar logika namun orang tua mereka tidak – maka hal itu perlu dipertanyakan. Kalau anda sebagai orang tua mengatakan kepada anak anda bahwa dia harus belajar logika, namun anda mengatakan bahwa anda tidak punya waktu untuk belajar bersama dia, pesan macam apa yang anda berikan kepadanya?

Gambaran yang kami miliki saat menulis buku ini adalah seorang ayah dan ibu duduk bersama dengan anak-anak mereka mengerjakan buku ini bersama-sama. Orang tua dan anak sama-sama membaca bab-bab buku ini, membahasnya, dan mengerjakan tugas bersama-sama.

Bagaimana kalau menggunakan buku ini di kelas?

Sejak pertama kali kami menulis buku ini, kami mendapat banyak surat dari para guru yang sudah menggunakan  buku ini di ruang kelas. Walaupun kami tidak mengantisipasi hal itu pada saat penulisan buku ini, ternyata buku inipun dapat digunakan di ruang kelas. Untuk tip menggunakan buku ini dalam ruang kelas, silahkan kunjungi www.christianlogic.com.

Buku ini untuk kisaran umur berapa?

Menurut pengalaman kami, umur paling tepat bagi kebanyakan anak untuk belajar logika adalah tiga belas tahun atau lebih. Karena itu, kami telah merancang buku ini bagi siswa usia tiga belas tahun atau lebih. Namun demikian tidak ada umur maksimum untuk menggunaan buku ini. Kakek/nenek pun bisa menggunakannya.

Seberapa sulit buku ini nantinya?

Kami sadar bahwa logika adalah bidang studi baru bagi sebagian besar orang. Karena itu kami menulis buku ini dengan harapan buku ini bisa menjadi guru untuk anda. Kami merancang format pelajarannya sehingga memiliki contoh kongkrit dan kami menyertakan latihan dengan berbagai tingkat kesulitan. Dengan demikian, konsep yang diajarkan mudah dipahami dan ketrampilan diinginkan mudah didapatkan.

Sebenarnya yang kami inginkan adalah agar buku ini membantu anda memahami logika yang terpahat dalam pikiran anda oleh Tuhan. Kami hanya membuat anda lebih sadar tentang logika yang telah anda gunakan selama hidup anda.

Apa format pelajarannya?

Setiap pelajaran diawali dengan bagian yang anda harus baca dan diakhiri dengan latihan untuk anda lakukan. Seperti disinggung sebelumnya, ada berbagai cara anda menggunakan buku ini sesuai dengan keadaan anda. Ada beberapa masukan yang kami berikan.

Kami merekomendasikan anda untuk mempelajari buku ini dalam kelompok yang terdiri dari dua orang atau lebih. Ada manfaatnya kalau lebih dari satu orang membahas persetujuan dan ketidaksetujuan di antara mereka karena akan semakin banyak yang dibahas dalam setiap pelajaran. Mungkin ada baiknya setiap orang mempelajari setiap pelajaran sendiri-sendiri sebelum kemudian secara bersama-sama membahasnya.

Saat anda membaca setiap latihan dan memberikan jawaban, anda dapat membandingkan setiap jawaban anda dengan kunci jawaban pada bagian belakang buku ini. Kalau anda mengikuti ketiga langkah ini (membaca latihan, mengerjakannya, lalu memeriksa jawaban), maka jawaban anda akan segera dikoreksi kalau ada yang salah.

Kalau anda sulit memahami satu pelajaran, maka tetap saja kerjakan latihan untuk pelajaran tersebut. Kami merancang bagian latihan sebagai alat pembelajaran supaya anda dapat memahami apa yang tidak dapat anda pahami dari pelajarannya. Kalau anda melakukan banyak kesalahan pada satu pelajaran dan anda tidak tahu alasannya, maka anda mungkin harus mengulangi pelajaran tersebut sampai anda paham. Kalau anda masih tidak paham, coba diskusikan dengan orang lain. Anda mungkin mau berdiskusi dengan siswa lain di situs kami www.christianlogic.com. Anda dapat membagikan kesulitan anda dan mungkin akan menemukan jawaban di sana.

Tantangan

Ingat, sebagian besar orang tidak pernah mempelajari ketrampilan penalaran yang baik. Karena itu orang yang belajar logika seperti sedang keluar dari sebuah kungkungan dan diperlukan keberanian untuk melakukannya. Diperlukan kerendahan hati. Namun lebih daripada itu, diperlukan disiplin diri.

Informasi lain tentang buku ini dapat diperoleh di sini dan cara membeli buku ini dapat dibaca di sini

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Bagaimana Menggunakan Buku Detektif Sesat Pikir, Kutipan Buku dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Komentar anda, berisi nama dan tempat tinggal anda. Misalnya: Joni (Kupang)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s